umor tentang spesifikasi Bluetooth 3.0 mungkin sudah beredar selama beberapa waktu and akhirnya finalisasi produk ini akan dipublikasikan resmi sekitar akhir bulan ini. Spesifikasi yang terbaru telah memiliki dukungan dari 802.11n sehingga mampu menyediakan daya transfer file yang lebih besar.

Sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan, Bluetooth Special Interest Group (SIG) sedang bersiap-siap untuk mempublikasikan spesifikasi Bluetooth 3.0 pada tanggal 21 April 2009, termasuk daftar para pembuat chip yang sudah bekerja sama. Produk baru ini dikatakan akan memiliki peningkatan kecepatan transfer dengan cukup dramatis dengan menggunakan teknologi 802.11, sekaligus ukuran file yang lebih besar.

Spesifikasi yang sebelumnya, sebenarnya sudah cukup bagus, terutama untuk transfer data yang berukuran kecil, seperti info kontak atau catatan kalender. Tetapi, seiring dengan mobile device yang sudah bergerak ke arah pusat hiburan atau media, tentu saja peningkatan kecepatan akan sangat bermanfaat untuk berurusan dengan file-file video atau koleksi musik.

Bagi Anda yang penasaran, Bluetooth 3.0 + standar kecepatan tinggi bekerja dengan menggunakan 2 modul Bluetooth yang saling bekerja sama untuk mengkoordinasikan sebuah saklar untuk 802.11 (tanpa harus untuk masuk ke dalam jaringan WiFi) untuk mentransfer file berukuran besar. Sesudah proses transfer selesai, alat tersebut akan mengkoordinasikan saklar kembali ke mode yang lebih lambat, yaitu 3.0Mbps yang mengkonsumsi tenaga dan bandwidth lebih rendah.

Peluncuran produk Bluetooth 3.0 sendiri juga diperkirakan tidak lama setelah pengumuman tanggal 21 April tersebut. Tentu saja, peluncuran ini sudah sangat dinantikan oleh para pengguna handset yang boros baterai seperti iPhone. Jadi, mari kita berdoa semoga semuanya lancar..(Arstechnica)