ABC membantu mengurangi distorsi yang disebabkan oleh alokasi biaya tradisional. ABC juga memberikan pandangan yang jelas tentang bagaimana komposisi perbedaan produk, jasa dan aktivitas perusahaan yang memberi kontribusi sampai lini yang paling dasar dalam jangka panjang.
Manfaat utama ABC adalah :
1. ABC menyajikan biaya produk yang lebih akurat dan informatif yang mengarahkan kepada pengukuran profitabilitas produk yang lebih akurat dan kepada keputusan stratejik yang lebih baik tentang penentuan harga jual, lini produk, pasar dan pengeluaran modal.
2. ABC menyajikan pengukuran yang lebih akurat tentang biaya yang dipicu oleh adanya aktivitas, hal ini dapat membantu manajemen untuk meningkatkan “product value” dan “process value” dengan membuat keputusan yang lebih baik tentang desain produk, mengendalikan biaya secara lebih baik dan membantu perkembangan proyek-proyek peningkatan “value”
3. ABC memudahkan manajer memberikan informasi tentang biaya relevan untuk pengambilan keputusan bisnis.

Sedangkan keterbatasan dari ABC system :
Meskipun ABC memberikan alternatif biaya ke produk individual secara lebih baik, tetapi juga memiliki keterbatasan yang harus diperhatikan oleh manajer sebelum menggunakannya untuk menghitung biaya produk :
1. Alokasi
Beberapa biaya mungkin membutuhkan alokasi ke departemen atau produk berdasarkan ukuran volume yang arbiter, sebab secara praktis tidak dapat ditemukan aktivitas yang menyebabkan biaya tersebut. Contoh beberapa biaya untuk mempertahankan fasilitas seperti aktivitas membersihkan pabrik dan pengelolaan proses produksi.
2. Mengabaikan Biaya
Dalam hal ini ada beberapa biaya yang dialokasikan dari produk tertentu diabaikan dari analisis. Aktivitas yang sering diabaikan biasanya adalah pemasaran, iklan, riset dan pengembangan, rekayasa produk dan klaim garansi. Tambahan biaya secara sederhana ditambahkan ke biaya produksi untuk menentukan biaya produk total. Secara tradisional biaya pemasaran dan administrasi tidak dimasukkkan ke dalam biaya produk karena persyaratan pelaporan keuangan yang dikeluarkan oleh GAAP mengharuskan memasukkan ke dalam biaya periode.

3. Pengeluaran dan waktu yang dikonsumsi
Sistem ABC sangat mahal untuk dikembangkan dan diimplementasikan, selain itu juga memerlukan waktu yang banyak seperti sebagian besar sistem akuntansi dan manajemen yang inovatif, biasanya waktu lebih dari satu tahun untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ABC dengan sukses.